Monday, January 07, 2008

Dari KickAndy - insan perduli keselamatan lingkungan

Nonton Kick Andy episode minggu 3 Januari 2008? Ya, mengusung tema Demi Bumi, Demi Kita, Andy kedatangan tamu yang bisa disebut pemerhati dan penyelamat lingkungan hidup.

Dari mulai kang Ibin yang menanam pohon di sepanjang pinggir kali pesanggrahan sehingga merubah sungai yang dulunya penuh sampah menjadi jalur hijau. Pak Salam yang membuka kedai daur ulang kertas dan merubah menjadi kertas daur ulang lokal, boks, dan kerajinan lain yang bernilai jual. Lalu ada Maria gadis berumur 10 tahun yang mendapat penghargaan pahlawan ozone dari klub tunas hijau atas inisiatifnya memprotes suatu acara yang menggunakan bungkus sterofoam untuk konsumsinya. Dihadirkan juga dari komunitas bike to work yang mungkin selama ini sudah akrab dengan kita yang berdomisili di jakarta.

Orang-orang seperti mereka, mungkin saja tidak pintar. Tapi mereka paham. Paham akan pentingnya kelestarian lingkungan tempat mereka berada. Mereka berpikir panjang dengan melakukan upaya-upaya sederhana tetapi berkesinambungan.

Kadang orang berpikir bahwa tindakan kecil yang dia lakukan untuk mengurangi faktor perusak lingkungan tidaklak berperan banyak karena hanya mengurangi satu bungkus sterofoam misalnya, apalah artinya? Justru pemikiran ini yang harus dibalik. Kita harus berangkat dari diri sendiri dengan melakukan langkah kecil seperti ini, dengan keyakinan apapun yang kita lakukan untuk penyelamatan lingkungan adalah berguna dan penting. Bayangkan bila dari seribu orang ada seratus yang berpikir begitu, maka 10% penyebab kerusakan lingkungan bisa dikurangi. Tapi 10% ini bila dilakukan terus menerus, bertahun-tahun dan di semua daerah, maka akan dapat memperpanjang umur ozone kita di angkasa, atau usia tanah yang kita injak ini.

Usaha kang Ibin mungkin bisa dibilang perjuangan yang keras dan tidak semua orang bisa melakukan. Tapi untuk menanam 1 pohon setiap 1 rumah tidak sulit kan? Kalau tiap rumah sudah melaksanakan, 1 lingkungan RW di Jakarta bisa berisi 100 rumah, 1 kelurahan bisa 10000. Berarti bila dilaksanakan, bukan tidak mungkin jalur hijau di kampung-kampung bisa terwujud, seperti yang dilakukan kang Ibin.

So...gak usah pusing-pusing, banyak usaha yang bisa dilakukan untuk penyelamatan lingkungan kita. Mulai dari hal kecil, dan terus tumbuhkan kesadaran dan keyakinan bahwa kita bisa menyelamatkan bumi ini! Media massa juga sangat diharapkan peranannya untuk terus menampilkan program-program yang memicu kita untuk terus berusaha menyelamatkan lingkungan.
----------------------------------
sumber foto: www.kickandy.com

No comments: