Friday, September 08, 2006

Kopi...cairan hitam ajaib

Baru kepikir untuk nulis tentang satu kata yang jadi titel blog ini...k o p i.
Judul ini juga gak asal lho, emang biasanya sambil ngeblog pasti sambil ngopi...ya 70% nya lah, 30% nya air putih atau lain-lain. Lho, berarti lebih banyak minum kopi dong daripada air putih? padahal kan lebih sehat air putih. Ya enggak juga sih, cuman pas nulis gini yang mesti numpahin pikiran dan konsentrasi (emangnya ngerjain soal UTS), pasti deh lebih enak sambil minum kopi.

Ya, kopi memang jadi bagian yang gak bisa dipisahkan dari hidupku. Sehari tanpa minum kopi, rasanya bagai tak menapakkan kaki di bumi (agak maksa). Tapi gitulah, aku termasuk yang udah kena sindroma kecanduan kafeina. Tapi masih dalam ambang batas sehat kok, ya rutinnya 2 gelas sehari lah...not harmful, isn't it?
Biarpun seribu artikel mengulas efek negatif kopi, tapi dengan seratus artikel tentang efek positifnya, cukup untuk tetap bertahan mengkonsumi minuman yang kusebut God's given taste in a simple black stuff ini.

Kopi yang mulai dikenal luas pada abad ke-9 ini diketahui berasal dari dataran tinggi Ethiopia kemudian menyebar luas melalui Mesir dan Eropa setelah dibawa oleh para pedagang Muslim. Kata coffee berasal dari bahasa arab Qah'wa yang dalam bahasa inggris berarti wine atau anggur.
Ada 2 spesies utama tanaman kopi yaitu Coffea arabica dan Coffea canephora (robusta). Kopi robusta mengandung 40-50% lebih kandungan kafein dibanding arabika, tetapi robusta lebih mudah tumbuh di berbagai daerah sehingga bisa dijual lebih murah di pasaran. Kopi robusta terasa sedikit lebih pahit dan biasa digunakan dalam blending espresso.
Salah satu yang paling terkenal di dunia adalah kopi dari tanah kita, Java Coffee. Di berbagai negara dunia kata 'Java' identik dengan kopi berkualitas. Kedai-kedai kopi di Eropa dan Amerika dengan bangga menyajikan keharuman Java blend. (Are you aware that Java software also use a cup of coffee as the trademark?)

Secangkir kopi yang kita nikmatin di cafe ataupun bikinan sendiri merupakan hasil pengolahan beberapa tahap yang memiliki kekhasan sendiri. Membaca segala sesuatu tentang kopi tak pernah membosankan. Just hit the google with 'coffee' as key world. You'll find a bunch of links to dig down deeper all about coffee.
Membacanya nikmat...apalagi meminumnyaaa....srutptttzz

No comments: